TEMPO MEDIA GROUP

TENTANG KAMI

DEWAN KOMISARIS

  • Goenawan Mohamad

    Komisaris Utama

    Goenawan Mohamad dan kawan-kawan mendirikan Majalah Tempo pada 1971 dan menjadi Pemimpin Redaksi (Pemred) - nya. Wartawan dan budayawan kelahiran Batang, Jawa Tengah, tahun 1941, ini menjabat Pemred hingga dua tahun sebelum Tempo dibredel pada 1994. Ketika Tempo terbit kembali pada 1998, Goenawan hanya bersedia "mengawal" Tempo - sebagai orang pertama di majalah berita tersebut, selama setahun saja. Selanjutnya, tampuk kepemimpinan diserahkan ke Bambang Harymurti. Sejak 1989, wartawan dan budayawan ini -- ia menerima Hamengku Buwono IX Award dari Universitas Gajah Mada tahun 2011 -- menjadi Komisaris Utama PT Tempo Inti Media Tbk sampai sekarang. Ia mewakili PT. Grafiti Pers. Kini jabatannya di Majalah Tempo adalah redaktur senior dan setiap pekan peraih hadiah sastra Profesor Teeuw Award (1992), itu rutin menulis Catatan Pinggir. Goenawan sekarang merawat Komunitas Salihara, sebuah wadah berkesenian yang ada di kawasan Salihara, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Sejumlah buku bertema sosial budaya serta puisi sudah lahir dari tangan Goenawan Mohamad.

  • Leonardi Kusen

    Komisaris Independen

    Leonardi Kusen pernah duduk sebagai Direktur Utama PT Tempo Inti Media Tbk (1998 - 2007) sebelum menjadi komisaris di tahun 2009. Karenanya Pak Leo - begitu ia biasa disapa - yang lahir tahun 1950 di Magelang, Jawa Tengah, ini kenal seluk beluk Tempo. Ia berpandangan Tempo termasuk media yang menjaga independensinya di tengah perebutan media oleh konglomerasi dengan berbagai kepentingan. Sarjana teknik Universitas Gadjah Mada yang meraih gelar master of business administration di Syracuse University, New York, Amerika Serikat, ini sebelumnya membina karier di lingkungan PT Pembangunan Jaya. Ia sudah menapaki berbagai jabatan di lingkungan perusahaan besar tersebut sebelum bergabung ke PT. Tempo Inti Media Tbk. Setelah pensiun dari Tempo, Pak Leo menekuni bisnis pribadinya di sebuah perusahaan penyedia jasa internet.

  • Yohannes Henky Wijaya

    Komisaris

    Sejak tahun 2012, Yohannes Henky Wijaya duduk dalam jajaran Dewan Komisaris. Biasa dipanggil Pak Henky, pria yang dilahirkan di Bekasi, Jawa Barat, pada1956, ini mengaku senang bergabung dengan Tempo Media Group. Majalah Tempo, menurut Henky adalah salah satu media yang mengawal demokrasi di Indonesia. Ketika media online menjadi kebutuhan masyarakat modern, menurut Henky Tempo telah mempersiapkan dirinnya. Karena itu, lulusan pascasarjana Sekolah Tinggi Manajemen PPM, ini Tempo Media dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Henky, yang menjadi komisaris mewakili Yayasan Jaya Raya. Selain berkarir di PT. TIM Tbk, Henky, alumni Institut Teknologi Bandung, sudah membangun karir di grup Jaya Raya. Antara lain, sebagai Vice Director of PT. Jaya Real Property, Vice President Director of PT. Jaya Real Property dan kini sebagai salah satu Direktur di PT. Pembangunan Jaya.

  • Bambang Harymurti

    Komisaris

    Sarjana Teknik Elektro Institut Teknologi Bandung ini mengawali karir reporter di Bandung sebelum menjadi jurnalis Tempo di Jakarta. Pria kelahiran Jakarta 10 Desember 1956 ini mengikuti program magang Alfred Friendly Free Press Fellows di Majalah Time dan melanjutkan pendidikan di John F. Kennedy School of Government di Harvard University. Sekembalinya dari Amerika Serikat, Bambang menjadi Kepala Biro Tempo di Bandung, Kepala Biro Jakarta dan Biro AS sebelum Tempo dibredel pada 1994. Setahun setelah Majalah Tempo terbit kembali pada 1998, Bambang menggantikan Goenawan Mohamad sebagai Pemimpin Redaksi. Dia juga merangkap Pemimpin Redaksi Koran Tempo ketika terbit pada 2001. Mantan Direktur Utama PT Tempo Inti Media Tbk ini ditunjuk menjadi komisaris perseroan pada RUPS 16 Mei 2017.

  • Kristianto Indrawan

    Komisaris Independen

    Kristianto diangkat menjadi Komisaris Independen melalui RUPS tahun 2019 pada 25 Agustus 2020. Pria kelahiran Jakarta 23 Oktober 1965 ini adalah lulusan Magister Managemen Universitas Trisakti tahun 1995 dan juga Insinyur Teknik Sipil Universitas Trisakti tahun 1989. Saat ini Kris juga menjabat sebagai Komisaris Independen di PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama Tbk, Direktur Utama PT. Temprina Media Grafika dan PT Graha Pena Jawa Pos.

DIREKSI

  • Arif Zulkifli

    Direktur Utama

    Pria kelahiran Bandar Lampung, 8 Februari 1970, ini bergabung di Majalah Tempo pada saat terbit kembali pada 1998. Pada Oktober 2013, Arif ditunjuk sebagai Pemimpin Redaksi Majalah Tempo. Lulusan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Indonesia ini diangkat menjadi Direktur Utama Perseroan pada RUPSLB 12 Juli 2021. Saat ini, Arif juga menjadi anggota Dewan Pers yang memimpin Komisi Pengaduan Masyarakat dan Penegakan Etika Pers.

  • Meiky Sofyansyah

    Direktur

    Pria kelahiran Surabaya, 27 Mei 1963, ini mengawali karirnya sebagai reporter pada tahun (1986-1988) kemudian diangkat menjadi asisten editor (1988-1990) untuk Tabloid Mutiara. Kemudian pada tahun 1991 beliau menjadi Reporter untuk Koran Berita Buana Daily. Pada Tahun 1993, Pria lulusan Institute of Social and Political Sciences ini berkarir di Republika menjabat sebagai Assitant News Editor (1993-1994), News Editor (1994-1998), dan Deputy Managing Director (1998-2001). Pada tahun 2001 beliau baru bergabung ke .PT. Tempo Inti Media sampai sekarang. Selama masa jabatannya di Tempo beliau mengemban beberapa posisi mulai dari Compartment Head Koran Tempo (2001-2005), Marketing Support and Business Development Head (2005-2006), Business Development Head (2006-2010), General Manager, U Magazine, male lifestyle magazine (2007-2011), General Manager, Business Development and Marketing Communications (2011-2015), kemudian beliau diangkat menjadi Direktur Koran Tempo Makassar (2012-2015). Pada 2015 Meiky diangkat menjadi Wakil Direktur Perseroan dan baru pada tahun 2017 beliau diangkat menjadi salah satu Direktur Perseroan.

  • Sebastian Kinaatmaja

    Direktur

    Sebastian Kinaatmaja mengawali karirnya di bidang finansial sebagai Senior Auditor Deloitte Touche Tohmatsu International sejak lulus kuliah dari Fakultas Ekonomi Trisakti di tahun 1995. Kemudian pada tahun 1997 dia menjadi Kepala Departemen Audit Internal Divisi Industri Mulia Group dan sebelum bergabung dengan Tempo Sebastian masih sempat menjadi Manajer Umum Asiatic Mas Group di tahun 1999. Sebastian berkarir di Tempo mulai tahun 2002 sebagai Kepala Bagian Keuangan Temprint dan dilanjutkan dengan berbagai macam jabatan lainnya sebelum akhirnya diangkat menjadi Wakil Direktur Layanan Bisnis PT. Tempo Inti Media Harian tahun 2017. Sejak tahun 2019 Sebastian resmi menjadi salah satu direktur korporasi melalui Rapat Umum Pemegang Saham tahun 2019.

  • Budi Setyarso

    Direktur

    Kelahiran Kendal, 12 November 1971 bergabung dengan Tempo sejak 2001. Alumni Pasca Sarjana Manajemen Stratejik di Prasetya Mulya Business School, Jakarta ini diangkat menjadi salah satu Direktur Perseroan saat RUPLS 12 Juli 2021

PENGHARGAAN

  • Koran Tempo Raih Anugerah Jurnalistik MH Thamrin 2020

    2020

    Koran Tempo memperoleh penghargaan Anugerah Jurnalistik Mohammad Husni Thamrin atau MH Thamrin 2020. Karya yang diapresiasi adalah tajuk Koran Tempo berjudul Atasi Ketimpangan Kota yang terbit 26 Februari 2020.

    Editorial Koran Tempo ini membahas soal ketimpangan pembangunan kota di Jakarta. Ada perbedaan yang tampak antara penataan perumahan mewah dengan perkampungan. Akibatnya, rumah penduduk di kampung kena rendaman banjir.

    Atasi Ketimpangan Kota mengambil contoh perkampungan di Cakung, Jakarta Timur yang bersebelahan dengan perumahan Jakarta Garden City. Ratusan orang memprotes perumahan itu telah membuang air ke kali di kampung mereka. Alhasil, air melimpas ke kawasan kampung ketika hujan lebat.

    "Kemarahan mereka adalah suara yang harus didengarkan pemerintah, agar pembangunan kota memperhatikan seluruh penghuninya," demikian bunyi editorial Koran Tempo.

    Anugerah Jurnalistik MH Thamrin 2020 diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) DKI Jakarta. Ada tujuh kategori lomba. Dewan juri memilih satu pemenang utama dari tiga nominasi.

    Editorial Koran Tempo berjudul Atasi Ketimpangan Kota maju sebagai pemenang utama kategori Tajuk Rencana. Artikel ini mengalahkan tajuk dari Media Indonesia (Sengkarut Monas) dan Koran Sindo (Kota dan Ruang Interaksi).

VISI MISI

 

VISI

Menjadi acuan dalam usaha meningkatkan kebebasan publik untuk berpikir dan berpendapat serta membangun peradaban yang menghargai kecerdasan dan perbedaan.

MISI

  • Menghasilkan produk multimedia yang independen dan bebas dari segala tekanan dengan  menampung dan menyalurkan secara adil suara yang berbeda-beda.
  • Menghasilkan produk multimedia bermutu tinggi dan berpegang pada kode etik.
  • Menjadi tempat kerja yang sehat dan menyejahterakan serta mencerminkan keragaman Indonesia.
  • Memiliki proses kerja yang menghargai dan memberi nilai tambah kepada semua pemangku kepentingan.
  • Menjadi lahan kegiatan yang memperkaya khazanah artistik, intelektual, dan dunia bisnis melalui pengingkatan ide-ide baru, bahasa, dan tampilan visual yang baik.
  • Menjadi pemimpin pasar dalam bisnis multimedia dan pendukungnya.

Struktur Organisasi

STRUKTUR ORGANISASI TEMPO

Diagram Group Perusahaan

DIAGRAM GRUP TEMPO MEDIA

Hubungi Kami